Sabtu, 06 November 2010

Keutamaan Basmallah (Part 2)

بسم الله الرحمن الرحيم 

      Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah yang bersumber dari Abu Hurairah R.a bahwasanya Rasululloh Saw pernah bersabda

"Tiap amal perbuatan yang dianggap baik, tetapi tidak di bacakan 'basmallah' ketika akan memulainnya maka perbuatan itu menjadi putung, alais terputus dari rahmat Alloh"

selanjutnya, dalam sebauah riwayat yang bersumber dari Jabier bin Abdullah R.a telah menyatakan :

"Tatkala turun Bismillahirrohmanirrohimi. Alloh bersumpah dengan Kemuliaan dan Keagungan-Nya, bahwa tidaklah ia dibaca atas ssesuatu melainkan dia akan memberkahinya".

       Juga dalam riwayat lain yang bersumber dari Ibnu mas'ud r.a telah menyatakan :

"Barang siapa yang ingin diselamatkan Alloh dari malaikat Zabaniyah yang jumlahnya sembilan belas, maka hendaklah ia membaca "Bismillahirrohmanirrohim" supaya Alloh menjadikan baginya untuk tiap huruf dari padanya sebagai perisai dari salah satu di antara malaikat Zabaniyah itu"

      Demikianlah diantara dalil-dalil yang menunjukan keutamaan "Basmallah". Dimana bila ucapan basmallah itu bersumber dari jiwa raga yang ikhlas, maka kita mengakui akan kekuasaan dan kebesaran Alloh. Kita akan menyadari sepenuhnya, bahwa berhasil atau gagal usaha yang sedang kita lakukan itu tergantung kepada izin Alloh. Usaha dan perjuangan manusia itu hanyalah ssebagai sarana dalam berikhtiar belaka.
      Sejak dari pekerjaan yang sekecil-kecilnya sampai kepada usaha raksasa yang berat-berat, hendaklah senantiasa dimulai dengan mengucapkan "Basmallah" sebab ucapan "basmallah" itu mempunyai pengaruh psikologis baik bagi orang yang mengucapkannya sendiri maupun bagi orang yang mendengarkannya atau yang sedang berhubungan dengannya. Pengaruh terhadap diri sendiri ialah mempertebal keyakinan kepada ke-Maha Kuasaan Alloh, sedang impak-Nya terhadap orang lain yang mendengarkannya atau yang bersangkutan. Umpamanya, kepercayaan bagi sang pasien ketika ia berobat kepada dokter. Dimana apabila sang dokter itu mengucapkan "basmallah" ketika hendak menyuntik pasien yang sedang menderita itu, maka sebelum obat masuk kedalam tubuhnya, jiwanya sudah lebih dahulu terobati, dan hal itu pasti berpengaruh kepada kesembuhan penyakit yang dideritanya. sebagai contoh lain, apabila anda naik kendaraan, baik itu kendaraan di darat, dilaut, atau di udara dan sang sopir kendaraan itu mengucapkan "Basmallah" ketika akan berangkat, maka hati dan jiwa anda akan merasa lebih aman. Oleh karena itu kami menghimbau, bahwa setian apa saja asal tidak untuk maksiat, marilah kita mulai dengan membaca "Basmallah" sebab, setiap pekerjaan yang tidak dimulai dengan ucapan "Basmallah" maka akan terjauh dari barokah yang diberikan oleh Allaoh, terjauh dari keselamatan dan kesembuhan dari penyakit.

0 komentar:

Selamat Datang di Blog Solusi
go to my homepage
Go to homepage